Setiap tahunnya biaya naik haji baik haji reguler maupun haji khusus / plus pasti berbeda-beda, Call/Wa. 0851-00-444-682 hal ini dikarenakan adanya perubahan komponen harga untuk kebutuhan pokok naik haji seperti biaya transportasi dan akomodasi termasuk living cost yang dibutuhkan jamaah selama berada di tanah suci sangat fluktuatif. Selain menyediakan paket-paket haji onh plus, umrah dan tour muslim sebagai bentuk layanan yang tersedia, Travel Aida Tourindo Wisata juga berusaha menghadirkan mutowif (pembimbing) ibadah umroh haji yang ahli dan mendalami bidang Fiqih Islam, terutama untuk masalah ibadah umrah dan haji.

Kami berusaha memberikan bimbingan mulai sebelum berangkat, saat pelaksanaan dan setelah ibadah haji dan umroh, ini sebagai bentuk tanggung jawab moral kami kepada jamaah, bahwa ibadah yang dijalani telah sah sesuai petunjuk Allah dan Sunnah Nabi Muhammad SAW. Travel kami juga menggunakan penerbangan yang langsung landing Madinah sehingga jamaah bisa nyaman selama perjalanan umroh bersama kami.

daftar umroh di Ciwandan

HAJI BAGI WANITA YANG SEDANG HAIDH Oleh Ad-Daimah Lil IftaAl-Lajnah Pertanyaan Ad-Daimah Lil IftaAl-Lajnah ditanya : Apa

HAJI BAGI WANITA YANG SEDANG HAIDH

Oleh
Ad-Daimah Lil IftaAl-Lajnah

Pertanyaan
Ad-Daimah Lil IftaAl-Lajnah ditanya : Apa hukum wanita muslimah yang haidh dalam hari-hari hajinya, apakah sah hajinya sebab demikian itu ?

Jawaban
Jika seorang wanita haidh dalam hari-hari hajinya maka hendaklah dia melakukan apa yang dilakukan orang-orang yang sedang haji selain thawaf dan sa'i hingga dia suci. Jika dia telah suci dan mandi maka dia thawaf dan sa'i. Jika seorang wanita haidh dan tidak tersisa dari amal-amalan haji selain thawaf wada', maka ketika pulang dia tidak wajib membayar kifarat apa pun karena thawaf wada tidak wajib bagi dia dan hajinya sah. Sebagaimana landasan dasar tersebut adalah.

[a]. Hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas Radhiallahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda.

"Artinya : Wanita yang nifas dan haidh jika keduanya datang ke miqat maka keduanya mandi dan berihram dan melaksanakan semua manasik haji selain thawaf di Baitullah" [Hadits Riwayat Ahmad dan Abu Dawud]

[b]. Dalam hadits shahih disebutkan riwayat dari Aisyah Radhiallahu 'anha, bahwa dia haidh sebelum melaksanakan manasik umrah, maka Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan kepadanya untuk ihram haji selain thawaf di Baitullah hingga dia suci. Juga diperintahkannya melakukan apa yang dilakukan orang yang haji dan memasukkan ihram kepada umrah.

[c]. Imam Bukhari meriwayatkan hadits Aisyah Radhiallahu 'anha.

"Artinya : Bhawa Shafiyah istri Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam haidh, lalu dia menyampaikan hal itu kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, maka beliau bersabda : 'Apakah dia menahan kita (dari pulang)'. dia berkata : 'Sesungguhnya dia telah thawaf ifadhah'. Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : 'Jika demikian maka tidak'". [Hadits Riwayat Bukhari, Muslim dan yang lainnya]

Dalam riwayat lain disebutkan, bahwa 'Aisyah berkata : "Shafiyah haidh setelah thawaf ifadhah. Aku sebutkan haidhnya kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Maka Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Apakah dia menahan (kepulangan) kita ?" Saya berkata : "Wahai Rasulullah, sesungguhnya dia telah thawaf ifadhah di Baitullah kemudian dia haidh setelah ifadhah". Maka Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Karena itu hendaklah dia (ikut) pulang !" [Hadits Riwayat Bukhari, Muslim, dan yang lainnya]

WANITA HAIDH KETIKA IHRAM TIDAK BOLEH SHALAT


Oleh
Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz

Pertanyaan
Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya : Bagaimana shalat dua rakaat ihram bagi wanita yang haidh ?

Jawaban
Wanita yang sedang haidh tidak boleh shalat dua raka'at ihram, bahkan dia ihram dengan tanpa shalat. Sebab shalat haram bagi wanita yang haid. Terlebih shalat dua rakaat ihram hukumnya sunnah menurut jumhur ulama, bahkan sebagian ulama menilainya tidak termasuk sunnah karena tidak terdapat dalil khusus. Sedangkan jumhur yang menilainya sunnah adalah karena berpedoman kepada hadits Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda.

"Artinya : Allah berfirman : "Shalatlah kamu di lembah yang diberkahi ini dan katakanlah : "Umrah dalam haji" [Hadits Riwayat Ahmad, Bukhari, dan Abu Dawud]

Maksudnya, di lembah al-Atiq dalam haji wada'. Juga terdapat riwayat dari seorang sahabat Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam shalat kemudian ihram. Maka jumhur ulama menyatakan bahwa ihram setelah sunnah, baik shalat wajib atau sunnah. Karena wanita yang haidh dan nifas haram mendirikan shalat, maka keduanya ihram tanpa shalat dan tidak meng-qadha' shalatnya (dua ra'kaat ihram).

HAIDH ATAU NIFAS SETELAH IHRAM

Oleh
Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz

Pertanyaan
Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya : Jika seorang wanita haidh atau nifas setelah ihram, apakah sah jika dia thawaf dia Baitullah, atau apakah yang dia harus lakukan, dan apakah dia wajib thawaf wada.?

Jawaban
Wanita yang nifas atau haidh ketika kedatangannya untuk umrah maka dia hendaknya menunggu sampai suci. Jika telah suci, dia thawaf, sa'i dan memotong rambut, maka sempurnakanlah umrahnya. Tapi jika datangnya haidh atau nifas setelah umrah atau setelah ihram haji pada hari ke 8 Dzulhijjah, maka dia melakukan manasik haji, yaitu wukuf di 'Arafah, mabit di Muzdalifah, melontar tiga jumrah di Mina, dan lain-lain seperti talbiyah dan dzikir. Lalu ketika dia telah suci, dia thawaf dan sa'i untuk hajinya. Namun jika wanita haidh atau nifas setelah thawaf dan sa'i dan sebelum thawaf wada' maka gugur darinya thawaf wada'. Sebab wanita yang haidh atau nifas tidak wajib thawaf wada'.


Disalin dari buku Fatwa-Fatwa Haji dan Umrah oleh Ulama-Ulama Besar Saudi Arabia, penysusun Muhammad bin Abdul Aziz Al-Musnad, terbitan Pustaka Imam Asy-Syafi'i, hal. 130-134, penerjemah H.Asmuni Solihan Zamaksyari Lc]

Baca Artikel Lainnya : BAJU UNTUK UMRAH

 

Selamat Datang Di Rental Mobil Solo ANUGRAH Rent Car, jasa transportasi di kota Solo dengan telah memiliki berbagai keunggulan d

Selamat Datang Di Rental Mobil Solo ANUGRAH Rent Car, jasa transportasi di kota Solo dengan telah memiliki berbagai keunggulan dan pelayanan untuk perjalanan wisata maupun berbagai kebutuhan transportasi untuk Anda. ANUGRAH Rent Car Solo atau biasa di sebut sewa mobil Solo Anugrah, dengan memberikan berbagai fasilitas-fasilitas terlengkap dengan persewaan mobil murah di Solo. Jadi sebagai jasa sewa mobil di kota Solo kami merasa bangga atas rekomendasi masyarakat dan pelanggan yang telah senantiasa setia memakai dari jasa rental mobil Anugrah.
Profil Sewa Mobil Solo ANUGRAH

Kami yang sudah 13 tahun lamanya telah melayani dengan sepenuh hati kepada konsumen dan pelanggan yang memakai jasa rental mobil Anugrah akan terus meningkatkan kinerja di siplin dan bertanggung jawab dalam pengantaran maupun setiap perjalanan pemakai. ANUGRAH Rent Car Solo yang berada di Kadipiro Banjarsari Solo, tentunya sangat mudah di jangkau dan juga bisa Anda datangi langsung ke tempat persewaan kami. Dengan Bapak Budi sebagai pemilik persewaan mobil Solo Anugrah juga memberikan sebuah ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pelanggan yang telah mempercayakan kami sebagai jasa rental mobil di Solo TERMURAH, TERBAIK, TERLENGKAP, dan TERPERCAYA.
Fasilitas Armada Rental Mobil Solo ANUGRAH

Berbagai Armada untuk perjalanan bisa Anda pilih mulai dari yang menengah sampai Armada terbaik, karena kami selaku rental mobil Solo yang selalu melengkapi kebutuhan dan permintaan konsumen juga akan memberikan yang terlengkap dalam pilihan Armada. Anda bisa memilih mulai dari Xenia, Avanza, Innova, ELF, Pregio, Terios, APV, Travello, Camry, Alphard dengan harga sewa mobil murah di Solo. Selain itu kami memberikan fasilitas driver yang selalu bertanggung jawab, disiplin dalam kerja, ramah, dan tentunya siap dalam medan area lokasi tujuan Anda dengan pemanduan GRATIS untuk Anda apabila belum mengenal wilayah kota Solo.
Pelayanan Visi Dan Misi Persewaan Mobil Solo ANUGRAH

Persewaan mobil Solo Anugrah memiliki sebuah visi dan misi yang terbaik untuk kota Solo. Sebagai warga kota Solo, tentunya dengan keberadaan sewa mobil di Solo akan memberikan kemudahan para wisatawan yang berkunjung di Solo. Mereka bisa lebih mudah berkeliling wisata Solo maupun sekitar wilayah Surakarta. Memperlancar jasa transportasi yang semakin padat juga membuat kami untuk memikirkan sebuah jalan keluar agar tidak menjadi sebuah kemacetan di kota Solo ini.
Rental Mobil Solo ANUGRAH

  Tak terasa 13 tahun lebih rental mobil Solo Anugrah melayani pelanggan setia dengan penuh tanggung jawab serta sudah menjadi rekomendai jasa persewaan mobil di kota Solo ini, tentunya dengan sekian lamanya kami memberikan berbagai fasilitas kemudahan, kenyamanan, dan keamanan dalam melayani setiap konsumen tak menjadikan kami untuk berbangga diri. Akan tetapi sewa mobil Solo ANUGRAH akan selalu mempertahankan dedikasi yang di peroleh untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan pelanggan.
Sewa Mobil Solo Anugrah yang selalu memberikan berbagai kemudahan dalam jasa transportasi berwisata akan senantiasa memberikan kenyamanan dan keamanan pelanggan agar tetap merasa nyaman bersama rental mobil Solo Anugrah. Jangan salah untuk memilih kami sebagai salah satu jasa sewa mobil untuk berwisata maupun acara keperluan Anda. Walau sekarang sudah banyak jasa-jasa sewa mobil yang muncul entah satu perusahaan maupun lain, tetapi bagi kami satu nama satu usaha akan selalu memberikan jalan terbaik bagi persewaan mobil kami.

Mengapa Harus Rental Mobil Solo ANUGRAH ???

Ya, rental mobil Solo Anugrah yang memberikan berbagai fasilitas terbaik untuk Anda tentunya akan menjadi kenyamanan tersendiri saat memakai jasa sewa mobil kami. ANUGRAH Rent Car Solo yang melayani persewaan mobil di kota Solo, Jogja, Semarang, Purwodadi, Madiun, Karanganyar, Sragen, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Sukoharjo dan masih banyak kota-kota daerah di Jawa Tengah lainnya yang dilengkapi armada yang lengkap serta termurah di kota Solo tentunya menjadi pilihan kebanggaan para konsumen dan pelanggan setia kami.
Pilihan Tepat Untuk Memilih Jasa Rental Mobil Solo ANUGRAH

Ms. Pryor, who served more than two decades in the State Department, was the author of well-regarded biographies of the founder of the American Red Cross and the Confederate commander.

Mr. Haroche was a founder of Liberty Travel, which grew from a two-man operation to the largest leisure travel operation in the United States.

Artikel lainnya »